Cari Tahu Kegunaan IMEI pada Smartphone

Cari Tahu Kegunaan IMEI pada Smartphone

Setiap smartphone baik Android atau bukan, yang mahal atau yang murah, yang bermerek terkenal ataupun merek lokal, semuanya pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda.

IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity.

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 atau 16 digit. Operator seluler memakainya untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka.

Tapi apakah kalian benar-benar mengetahui apa itu IMEI dan apa fungsi sebenarnya untuk smartphone? Berikut penjelasannya beserta cara melihat IMEI.

Apa itu IMEI?

Seperti yang sudah dibilang di atas, IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Setiap smartphone sangat penting mempunyai nomor IMEI yang berbeda.
Karena setiap nomor IMEI menyimpan data-data penting suatu HP. Ibarat KTP, IMEI sendiri menjadi satu-satunya kode unik yang di miliki untuk membedakan HP satu dengan HP yang lain.

Nomor IMEI di Android

Untuk mengetahui nomor IMEI sebuah ponsel, caranya sangat mudah. Di smartphone Android, kalian bisa masuk ke menu Settings > About phone > Status. Cara lainnya adalah dengan mengetikkan kode *#06#.

Selain dengan cara tersebut, Nomor IMEI biasanya terdapat pada bodi perangkat di balik baterai. Produsen biasanya juga mencantumkan stiker nomor IMEI pada kotak kemasan produknya.


 Nomor IMEI di iPhone

Sama seperti di Android, untuk mengetahui nomor IMEI di iPhone bisa dengan mengetik *#06#, atau bisa juga dilihat di bodi bagian belakangnya, stiker kotak kemasan, dan di iTunes.

Apakah fungsi IMEI?

Kebanyakan pengguna ponsel tidak menganggap penting IMEI, apalagi untuk mencatat atau menyimpannya. Padahal, IMEI memiliki fungsi cukup penting. Yang paling terasa, IMEI berfungsi saat ponsel hilang karena jatuh, lupa tempat menyimpannya, atau dicuri.

Saat itu benar-benar terjadi, kalian bisa langsung datang ke gerai operator seluler yang kalian gunakan kemudian mberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang kita gunakan.
Dengan begitu, ponsel kalian bisa dilacak atau nomor ponselnya bisa diblok dan perangkatnya bisa dikunci untuk sementara. Akhir Kata

Jadi sudah paham kan apa itu IMEI dan bagaimana fungsinya yang sangat penting buat HP kalian. Jangan lupa simpan baik-baik nomor IMEI yang kalian punya agar bisa berguna disaat dibutuhkan.

Untuk melacak smartphone Android yang hilang, kalian bisa juga memakai teknologi Google. Dengan catatan, smartphone kalian pernah terhubung ke Internet, GPS kita aktif, dan smartphone tersebut dalam keadaan aktif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cari Tahu Kegunaan IMEI pada Smartphone"

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.